Sunday 14 August 2011

Garuda Citilink, Warna Baru, Semangat baru


Flight GA-020 rute SUB-CGK tanggal 14 Agustus 2011 benar-benar terasa luar biasa. Meskipun penerbangan sempat delayed kurang lebih 15 menit, aura happiness & satisfaction dari penerbangan ini tak juga pudar dari pikiran saya. Flight GA-020 hari ini merupakan kali pertama bagi saya untuk merasakan terbang dengan Garuda Citilink sejak penampilan baru-nya diresmikan pada tanggal 3 Agustus 2011. Pada kesempatan tersebut CEO PT. Garuda Indonesia (Persero), pak Emirsyah Sattar secara resmi mempublikasikan peluncuran new livery of Garuda Citilink yang merupakan salah satu bagian konsep brand refresh pengembangan Garuda Citilink ke depan.

Pic 1. Momen peluncuran new livery of Garuda Citilink oleh CEO PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk Emirsyah Sattar


Pic 2. CEO PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk Emirsyah Sattar (ketiga kanan) bersama Direktur operasi PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Kapten Ari Safari (ketiga kiri), VP Strategic Garuda Citilink juga Direktur keuangan PT. Garuda Indonesia (Persero), Eliza Lumbantoruan (kedua kanan), Direktur teknik PT. Garuda Indonesia (Persero), Hadinoto Soedigno (kanan) dan Advisor To BOD PT. Garuda Indonesia (Persero)Citilink Development, Con  Korfiatis (keempat kiri) serta pramugari Citilink

Pada momen tersebut juga diumumkan bahwa ke depan Garuda Citilink akan mulai mengoperasikan 5 buah pesawat Airbus A320 dalam waktu dekat serta 25 pesawat baru Airbus A320 Neo yang kedatangannya akan berlangsung secara berangsur-angsur dimulai pada tahun 2014. Dalam rangka pengembangan ke depan, Garuda Citilink juga berencana untuk membuka berbagai rute baru ke negara-negara ASEAN dan Australia. Pada tahun 2013 Garuda Citilink ditargetkan akan mampu mengangkut sekitar 8,3 juta penumpang per-tahun, jauh berkembang dari kondisi saat ini yang hanya sekitar 2 juta penumpang per-tahun.

Pic 3. Foto bersama peluncuran new livery of Garuda Citilink

Kembali pada momen 1st flight dengan New Garuda Citilink, mungkin hari ini hari mujur saya, tak terkira kalau hari ini saya bakal dapet flight dengan PK-GGP. PK-GGP merupakan pesawat pertama Garuda Citilink yang menyandang new livery of Garuda Citilink. New livery ini sangat mirip dengan livery Garuda Indonesia, hanya saja Garuda Citilink lebih memilih warna hijau cerah untuk warna dasar-nya, mungkin konsep-nya Go Green kali ya. Secara umur pesawat ini cukupan lah, semisal dia manusia mungkin sekarang dia sedang kelas 2 atau 3 SMP.

Flight GA-020 hari ini seharusnya take-off pukul 14.35, tapi sayangnya sedikit delay dan nyatanya take-off sekitar jam 3 sore kurang dikit. Overall pelayanan cabin crew pada hari ini bagus dan memuaskan. Cukup jauh apabila dibandingkan dengan bejibun pengalaman saya ketika terbang dengan maskapai lain, terutama salah satu maskapai lokal yang memiliki cukup banyak pesawat baru dan disebut-sebut sebagai jagoan delay.

Secara umum aroma Garuda Indonesia masih terasa cukup pekat di dalam kabin PK-GGP, bahkan seat dan lembar petunjuk emergency exit-nya saja masih pakai label Garuda Indonesia. Selain seragam cabin crew, di dalam kabin belum ada satu pun label yang menunjukkan eksistensi Garuda Citilink, berbeda dengan pesawat lain yang sudah lama terbang dan menjadi aset Garuda Citilink, sayang sekali untuk poin ini saya tidak sempat mengambil foto.

Terlepas dari trip report dan happiness pada flight hari ini, ke depan semoga Garuda Citilink mampu berubah menjadi jauh lebih baik serta mampu menjadi the best LCC, paling ndak ya the best di negeri sendiri dulu lah. Bravo Garuda Citilink, Bravo Indonesia, Good Luck!!

Trip Photos

Pic 4. PK-GGP just arrived at Juanda International Airport, Gate 7 (click to enlarge)

Pic 5. Passengers mulai boarding ke PK-GGP, it was delayed +/- 15 minutes (click to enlarge)

Pic 6. Foto wajib, saya ngikut boarding ke PK-GGP (click to enlarge)

Pic 7. PK-GGP was landed successfully at Soekarno Hatta International Airport, Gate(click to enlarge)


No comments: