Wednesday, 9 November 2011

Berat Badan Ideal untuk Janin Sehat [Ideal Body Weight for Healthy Fetal]


Sudah beberapa kali termasuk kemarin saya tidak bisa menemani istri tercinta dan si kecil menjalani periodic check-up ke dokter kandungan. Jikalau-pun sekarang jarak kami tidak terpisah ribuan kilometer insya Allah saya akan selalu menemani kemanapun dan dimanapun diperlukan. Ayah mana yang tidak ingin selalu dekat dengan buah hatinya, suami mana yang tidak ingin selalu dekat dengan separuh hatinya.


Alhamdulillah, kabar bahwa si kecil sudah berkembang cukup pesat dengan perkiraan berat badan berkisar pada angka 1.6 kg tidak hentinya membuat hati ini berbunga. Berbagai macam asupan makanan bergizi dan suplemen gizi yang cukup masif diberikan pada bunda-nya sepertinya memberikan hasil yang positif. Kemarin malam tersiar kabar bahwa dokter memberikan testimoni yang cukup baik terkait dengan kondisi kesehatan si kecil di dalam perut bunda-nya termasuk betapa aktifnya si kecil di dalam sana, Subhanallah.

Si kecil sudah tampak cukup aktif dan suka main-main di dalam perut bunda-nya sejak memasuki pertengahan trimester kedua masa kehamilan. Meskipun berat badan bunda-nya tidak berubah drastis, tapi hati ini selalu berharap agar keduanya selalu sehat, fit, serta asupan gizi-nya tercukupi. Masih segar di dalam pikiran bahwa sekitar 2 bulan yang lalu si kecil sempat diperiksakan dan dilihat melalui USG serta diperkirakan memiliki berat sekitar 0.8 kg.

Tabel 1. Berat badan ideal janin rata-rata (click to enlarge)

Kondisi berat badan yang terlalu besar memang sering kali mengundang pro dan kontra, di satu sisi banyak orang yang suka memiliki berat badan berlebih, tapi ada juga yang justru tersiksa dengan kondisi seperti itu. Khusus untuk janin, kondisi berat yang berlebih mungkin tidak akan menimbulkan kerugian pada si calon bayi. Hanya saja yang mungkin bakal jadi masalah adalah dimensi atau ukuran bayi ketika proses kelahiran nantinya.

Banyak pihak, bahkan dokter pun menyarankan untuk menjaga berat badan ibu dan sang janin. Himbauan ini datang dengan alasan untuk mempermudah proses kelahiran nanti dan mengurangi kemungkinan terjadinya proses kelahiran yang sulit hingga kemungkinan terburuk melalui operasi caesarPernah dokter berucap, "Dibesarkan nanti saja di luar, jangan di dalam, kasian ibunya nanti kalau melahirkan."

Dengan kondisi berat badan yang cukup besar ini sebenarnya ada terbersit kecemasan mengenai kelahiran nanti. Ketika berumur sekitar 29 minggu dia sudah mencapai 1.6kg, padahal apabila ditinjau dari standar berat badan rata-rata di http://www.babycenter.com/ dia sudah overweight lebih dari 400gr. Semoga saja Allah memberikan yang terbaik dan proses kelahiran nanti dapat berlangsung dengan normal dan lancar serta ibu dan si kecil sehat wal'afiat, Amin ya Rabb. (ep87)

4 comments:

Myzet said...

wah, ngomong masalah janin bayi.
Btw, hari ini tanggal 11-11-11
banyak ibu2 yang pengen lahirin anaknya hari ini..
dipaksa cepetan keluar.. haha...

Eko Prast. said...

iya betul, tanggal kontroversial, ada yg suka, ada jg yg benci polll.......:D

kalo si junior gak bisa dipaksa lah bro, belum cukup lama di dalem perut bunda-nya, hehe.......

konde said...

perempuan hamil itu emang harus selalu bisa memperhatikan dan mejaga kondisi badannya soalnya kan ada 2 nyawa (didlm perutnya ) :D



Kamu Blogger...? Yuk Ikutan Event Untuk Blogger Berhadiah Blakberry Playbook Berakhir 23 Desember 2011
http://www.streetdirectory.co.id/sdi/

Eko Prast. said...

betulll, dan juga karena bapaknya sangat mengharapkn mereka berdua sehat & fit selalu, hehe.......:D