Tuesday 30 August 2011

Trip Report 2, Mudik Estafet By Bus


KA Sembrani yang kami tumpangi tiba di Stasiun Pasar Turi Surabaya cukup tepat waktu, tanggal 26 Agustus 2011 sekitar pukul 07.30 WIB. Namun sayang sekali tidak terlihat penampakan penyambutan dari panitia Mudik Akbar Bareng Telkomsel 2011, padahal sebelumnya panitia di kereta telah menginformasikan bahwa bakal ada foto bareng peserta dan panitia di stasiun tujuan. Karena para peserta Mudik Akbar Bareng Telkomsel 2011 diumbar begitu saja di Stasiun Pasar Turi Surabaya, tidak lama kemudian mereka pada ngacir pulang sendiri-sendiri, termasuk saya.

Secara umum suasana Stasiun Pasar Turi Surabaya cukup crowded, terlihat dari suasana ruang tunggu penumpang yang cukup ramai, banyaknya penumpang yang turun dari kereta, serta ditambah dengan banyaknya mobil pribadi yang diparkir di lahan parkir di halaman stasiun. Namun sayang sekali keramaian ini tidak sempat saya abadikan, wong sudah kepikiran rumah terus.

Mudik estafet by bus tahap 1 dimulai dengan berjalan kaki ke Pusat Grosir Surabaya (PGS) yang berjarak sekitar 300 meter dari Stasiun Pasar Turi Surabaya. Setelah menunggu kurang lebih 5 menit sampailah bus kota yang kami tunggu untuk mengantarkan kami ke Terminal Bus Bungurasih. Meskipun cukup berdesakan, moda transportasi ini mau tidak mau harus dipilih karena hanya dengan bus kota ini kami bisa mencapai Terminal Bus Bungurasih dalam waktu cepat dan dengan biaya super irit tentunya.

Pic 1. Suasana koridor arrival bus kota di Terminal Bus Bungurasih 26 Agustus 2011 (click to enlarge)

Thursday 25 August 2011

Trip Report 1, Mudik Akbar Bareng Telkomsel [KA Sembrani Gambir-Ps.Turi]


Mudik Akbar Bareng Telkomsel 2011 merupakan bagian dari program Telkomsel Siaga 2011 yang pada tahun ini mengalokasikan kuota sebanyak 5000 orang pelanggan pada berbagai rute mudik. Kebetulan rute mudik kereta api tahun ini seluruhnya dialokasikan pada rute jalur utara dan selatan antara Jakarta hingga Surabaya. Dan lebih kebetulan lagi karena tahun ini saya cukup beruntung untuk bisa menjadi bagian di dalamnya, sebagai peserta mudik tentunya.

Berikut reportase singkat perjalanan KA Sembrani tanggal 25 Agustus 2011 yang merupakan bagian dari Mudik Akbar Bareng Telkomsel 2011, khususnya Gerbong 3, tempat dimana saya menulis reportase ini dan kurang lebih 10 jam "berjalan" ke Surabaya. Pada perjalanan kali ini kebetulan saya ditemani rekan se-angkatan, Fajar namanya, kalau ada yang berminat silakan aja hubungi beliaunya.

Pic 1. Modal ngikut mudik, voucher mudik dari Telkomsel (click to enlarge)

Friday 19 August 2011

Cara Herbal Sembuhkan Pilek (Selesma)


Pulang kampung membawa pilek sebagai oleh-oleh, itulah yang saya alami baru-baru ini. Bukan bermaksud menyalahkan momen pulang kampungnya, yang saya beri garis besar di sini adalah betapa pentingnya kondisi tubuh yang fit terutama pada situasi dimana kita harus menjalani suatu perjalanan jauh. Dan bodohnya kali ini saya dengan sukses memperoleh kegagalan dalam menjaga kondisi tubuh saya.
Terlepas dari itu, pilek atau yang dalam istilah kedokteran dikenal sebagai selesma (common cold) merupakan penyakit yang umum ditemui, dan sering kali cukup menyusahkan. Secara umum pilek akan dengan mudah hinggap apabila kondisi tubuh drop atau kurang fit. Sering kali orang awam menyamakan selesma dan influenza, padahal secara kedokteran keduanya merupakan dua macam penyakit yang berbeda, hanya saja memiliki kemiripan gejala. Umunya gejala influenza lebih hebat daripada selesma, demam tinggi atau menggigil hebat umumnya hanya ditemui pada influenza. Secara umum detail perbedaan selesma dan influenza dapat ditemukan di sini.


Thursday 18 August 2011

PT DI, Jatuh Bangun Bangkitkan Industri Pesawat Indonesia




Pic 1. The 1st N250-50 Gatotkaca, PK-XNG 


Metrotvnews.com, Bandung: Banyak yang menilai Indonesia belum siap memiliki pabrik pesawat yang membutuhkan modal besar dan teknologi tingkat tinggi. Banyak pula yang menganggap pabrik pesawat itu hanya sekedar pemborosan. Meski demikian, PT Dirgantara Indonesia (DI) terus berjuang membangkitkan pabrik pesawat sebagai citra eksklusif bangsa.


Monday 15 August 2011

Listrik Prabayar PLN, Bagaimana Cara Pakai-nya???


Electricity for a better life

Cerita ini berawal dari journey bersilaturahmi ke rumah keluarga di daerah kabupaten Lumajang, provinsi Jawa Timur, sekalian jalan-jalan berdua sama istri tercinta. Lumayan kaget juga begitu tahu bahwa cukup banyak rumah yang meskipun posisi-nya berada di sebuah kecamatan yang lumayan jauh dari ibukota kabupaten ternyata sudah memiliki fasilitas kWh meter prabayar.

Umumnya pelanggan yang memiliki kWh meter prabayar adalah mereka yang baru saja memanfaatkan kesempatan promosi tambah daya gratis yang akhir-akhir ini ramai disosialisasikan PT. PLN (Persero). Kabar terakhir tersiar bahwa masa promo tambah daya gratis ini berlanjut hingga akhir Desember 2011. Terbukti bahwa PT. PLN (Persero) di bawah pimpinan CEO Dahlan Iskan memang tidak main-main untuk mem-prabayarkan seluruh pelanggannya secara berangsur-angsur, meskipun letaknya ndeso atau puncak gunung sekalipun.

Jujur saja, konsep listrik prabayar bukan merupakan suatu hal yang baru bagi saya, tetapi tidak dengan penggunaannya secara langsung, mencoba pegang kWh meter prabayar aja baru kemarin lusa, apalagi ngisi ulang. Kebetulan pada rumah yang saya tempati selama di Lumajang ini sebelumnya hanya menggunakan daya 900VA, kWh meter prabayar dipasang sekitar 2 bulan yang lalu (Juni 2011) ketika dilakukan penambahan daya menjadi 1300VA.

Pic 1. kWh meter prabayar 1300VA tipe DDSY23S buatan Shenzhen Star Instrument (China) yang sekarang nongkrong di depan rumah (click to enlarge)

Sunday 14 August 2011

Garuda Citilink, Warna Baru, Semangat baru


Flight GA-020 rute SUB-CGK tanggal 14 Agustus 2011 benar-benar terasa luar biasa. Meskipun penerbangan sempat delayed kurang lebih 15 menit, aura happiness & satisfaction dari penerbangan ini tak juga pudar dari pikiran saya. Flight GA-020 hari ini merupakan kali pertama bagi saya untuk merasakan terbang dengan Garuda Citilink sejak penampilan baru-nya diresmikan pada tanggal 3 Agustus 2011. Pada kesempatan tersebut CEO PT. Garuda Indonesia (Persero), pak Emirsyah Sattar secara resmi mempublikasikan peluncuran new livery of Garuda Citilink yang merupakan salah satu bagian konsep brand refresh pengembangan Garuda Citilink ke depan.

Pic 1. Momen peluncuran new livery of Garuda Citilink oleh CEO PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk Emirsyah Sattar


Pic 2. CEO PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk Emirsyah Sattar (ketiga kanan) bersama Direktur operasi PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Kapten Ari Safari (ketiga kiri), VP Strategic Garuda Citilink juga Direktur keuangan PT. Garuda Indonesia (Persero), Eliza Lumbantoruan (kedua kanan), Direktur teknik PT. Garuda Indonesia (Persero), Hadinoto Soedigno (kanan) dan Advisor To BOD PT. Garuda Indonesia (Persero)Citilink Development, Con  Korfiatis (keempat kiri) serta pramugari Citilink

Friday 12 August 2011

Passport, Cambuk Keras dari Rhenald Kasali



Tulisan ini sebenarnya bukan diperoleh dari sumber media yg tertulis di bawah, hanya saja link sumber berita ini menuliskan sumber tersebut. Apalah artinya mediator berita, toh yang terpenting adalah isi artikel berita tersebut. Terlepas dari itu, bagi saya tulisan ini ternyata cukup detail membuktikan bahwa masih banyak diantara kita yang masih puas menjadi kura-kura di dalam tempurungnya masing-masing, itu juga yang menjadi salah satu alasan mengapa tulisan ini saya post di sini.


Setiap orang tahu bahwa perubahan selalu memerlukan proses dan modal, salah satu contoh sederhananya ya proses mendapatkan dan memanfaatkan passport itu. Sering kali kita lupa bahwa Indonesia masih tertinggal jauh dalam banyak hal dari negeri-negeri lain di luar sana. Tetapi terkadang kita sebel juga menyaksikan perilaku bapak-ibu di gedung DPR sana jalan-jalan mengatasnamakan benchmarking atau studi banding ke luar negeri.

Tulisan ini sebenarnya bukan dibuat untuk menghalalkan "jalan-jalan" bapak-ibu tersebut, tulisan ini dibuat justru untuk mencambuk kita agar mampu berusaha dan melakukan benchmarking tersebut dengan modal kita sendiri, tanpa menjadi beban siapapun, termasuk rakyat Indonesia.


Semoga dengan membaca dan meresapi tulisan ini kita sudi melepaskan tempurung kita dan berlari lebih cepat untuk mengejar ketertinggalan kita dan bangsa kita. Perubahan hanya akan terjadi apabila ada yang memulai, dan perubahan akan membawa dampak signifikan apabila banyak dari kita mau dan mampu membuktikan perubahan tersebut. Lebih baik kita menjadi manusia yang mampu menyelesaikan suatu hal yang sulit, daripada kita harus menyerah pada perasaan sulit dan berhenti untuk melakukan perubahan.

"Semakin anda mngerti dunia di luar sana maka anda akan semakin mengerti seberapa jauh kita tertinggal, semoga anda juga semakin mengerti seberapa banyak yang bisa kita lakukan utk merubah itu......."

Passport - Jawapos 8 Agustus 2011

Setiap saat mulai perkuliahan, saya selalu bertanya kepada mahasiswa
berapa orang yang sudah memiliki passport. Tidak mengherankan,
ternyata hanya sekitar 5% yang mengangkat tangan. Ketika ditanya
berapa yang sudah pernah naik pesawat, jawabannya melonjak tajam.
Hampir 90% mahasiswa saya sudah pernah melihat awan dari atas. Ini
berarti mayoritas anak-anak kita hanyalah pelancong lokal.

Sunday 7 August 2011

N-219, Nafas Kebangkitan Industri Dirgantara Indonesia


 Pic 1. Mock up N-219

N-219, kelahiran harapan baru industri dirgantara Indonesia ini dimulai pada tahun 2006 ketika PTDI (PT. Dirgantara Indonesia) mulai menyadari bahwa terdapat potensi yang cukup besar dalam pasar penerbangan perintis di Indonesia. Pada sebuah negara kepulauan penerbangan perintis merupakan suatu mode transportasi yang sangat krusial dalam mendukung perekonomian, terutama pada wilayah-wilayah terpencil yang hanya dapat dijangkau melalui mode penerbangan dengan landasan pacu pendek. Potensi pasar ini telah lama dikelola, namun sepertinya belum terlalu baik seperti penerbangan terjadwal antar kota besar yang umumnya dilayani oleh maskapai besar layaknya GarudaLionBataviaSriwijaya, dan beberapa maskapai lainnya. Meskipun salah satu maskapai BUMN (Merpati) diplot untuk mengelola penerbangan perintis, nampaknya mereka juga masih kewalahan dengan pasar tersebut, terlihat dengan berkembang pesatnya beberapa maskapai perintis seperti Susi Air atau Aviastar.

Pic 2. Mock up N-219 di hadapan petinggi PTDI

Friday 5 August 2011

Generator Electrical Protection System


Terdapat beberapa macam rele (relay) yang umum digunakan sebagai pengaman elektris pada generator. Adapun penempatan peralatan pengaman elektris pada generator secara umum adalah sebagai berikut:

 Penempatan Peralatan Pengaman Elektris pada Generator

Jenis rele yang umum digunakan pada sistem pengaman elektris generator yang memiliki rating daya output yang cukup besar adalah :

Thursday 4 August 2011

Cara Recovery File Pada Harddisk [Windows Based Software]


Semua ini berawal ketika cinta lama untuk "berkencan" lagi dengan si cakep Ubuntu kembali membuncah. Kali ini yang diajak kencan adalah Ubuntu ver 10.04 yang sejak awal udah minta syarat harddisk's space berformat ext2 sebelum mau diajakin kencan, skip...

Few days later, di perasaan ini rasanya ada yang kurang sreg dengan si Ubuntufinally decided kalo space partisi ext2 buat dia terlalu besar, jadi mau gak mau ya harus edit partisi. Edit partisi awalnya dilakukan pakai Minitool Partition Wizard dan bodohnya hal ini dilakukan ketika jam kantor sudah mendekati batas akhir. Berhubung udah pingin cepet-cepet pulang kantor, akhirnya partition resizing dilakukan dengan "secepat kilat" dan ujung-ujungnya malah bikin pusing semaleman di kost-an karena salah satu partisi yang berisi data kuliah, project, dkk hilang dalam sekejap.....-___-!!

Setelah melalui perjuangan panjang dan memohon pertolongan kepada Allah SWT, akhirnya turunlah wahyu yang disampaikan melalui mbah Google bahwa ada software yang insya Allah reliable & bisa dipakai me-recovery partisi yang hilang tadi, Alhamdulillah. Bermodalkan nekad, was-was, sedikit sebel, dan segunung harapan akhirnya software tersebut berhasil di-donlot dengan sukses. Software tersebut adalah Easeus Data Recovery Wizard V5.01 dan bisa di donlot di sini.